Haul Mbah Abdul Hadi Bagus Dilestarikan Setiap Tahun


Ini adalah peringatan haul pertama untuk Mbah Abdul Hadi - Mbah Aminah yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 di villa H Daryanto Kudus. Sesuai nasehat dari Mbah Rufiah kepada M. Rifqi Syafiqul Umam dan M. Khoirun Nawwal saat melakukan pendataan nasab Ibanah di Sambilawang bahwa haul Mbah Abdul Hadi terjadi di Bulan Rajab.

Kegiatan haul tersebut diisi dengan khataman al-Quran dan silaturahim santai antar semua hadirin. Dalam kesempatan itu dibahas tentang 2 hal yaitu terkait penyelanggaraan haul mbah Abdul Hadi di tahun-tahun berikutnya dan penetapan beberapa dewan punjer yang baru.

KH Minanurrachman menyampaikan bahwa haul Mbah Abdul Hadi bagus dilaksanakan secara rutin untuk mengirim pahala pada sesepuh Ibanah sekaligus agar silaturahim antara anak-cucu Ibanah terjalin. Kegiatan haul bisa dilakukan secara sederhana, dibuat alakadarnya, tidak perlu mewah sehingga tidak merepotkan sohibul bait. Beberapa anak-anak keturunan masing-masing Punjer dapat dioptimalkan dalam kegiatan haul seperti pembacaan khataman al-Quran. Seperti diketahui tidak sedikit anak-anak keturunan Bani Abdul Hadi-Aminah yang sudah hafal al-Quran.

Semua hadirin mengamini kegiatan tersebut dan insyaAllah di tahun berikutnya peringatan haul akan terus dilestarikan. KH Minan Kembang secara pribadi pun siap menjadi tuan rumah untuk haul tahun depan meski tidak menutup kemungkinan bisa di tempat lain yang siap menjadi tuan rumah. Prinsipnya kegiatan haul ini tidak membuat tuan rumah merasa direpotkan karena prinsipnya adalah kegiatan mengirim doa dan menjalin silaturahim.

Post a Comment

Previous Post Next Post